Insani, Indah Mutiara (2023) DEVELOPMENT OFSTEM-BASED E-STUDENTWORKSHEETS TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING OUTCOMES ON ELECTROLYTE AND NON-ELECTROLYTE SOLUTION SUBJECT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193332001_Cover.pdf
Download (127kB)
4193332001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (745kB)
4193332001_Abstrak.pdf
Download (270kB)
4193332001_Kata_Pengantar.pdf
Download (323kB)
4193332001_Daftar_Isi.pdf
Download (360kB)
4193332001_Daftar_Gambar.pdf
Download (269kB)
4193332001_Daftar_Tabel.pdf
Download (297kB)
4193332001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (298kB)
4193332001_BAB_I.pdf
Download (323kB)
4193332001_BAB_V.pdf
Download (235kB)
4193332001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (460kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja E-Student berbasis STEM, mengetahui kelayakan Lembar Kerja E-Student berbasis STEM yang dinilai oleh validator ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain, untuk mendeskripsikan keefektifan Lembar Kerja E-Student berbasis STEM dalam pembelajaran. meningkatkan, hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji coba produk telah dilakukan pada kelompok terbatas dengan sampel satu kelas terdiri dari 30 siswa MAN 1 Medan Data diperoleh melalui angket validasi oleh ahli materi, tiga ahli pembelajaran, tiga ahli desain dan tes pilihan ganda masing-masing 10 soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa, kemudian dianalisis dan dideskripsikan. hasil yang diperoleh adalah tiga validator ahli materi, tiga validator ahli pembelajaran, dan tiga validator ahli desain dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan skor rata-rata berturut-turut: 81,5%, 87,78%, dan 85,97% dengan kriteria sangat layak dan E- Lembar Kerja Siswa berbasis STEM yang dirancang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran, dengan hasil belajar diperoleh rata-rata skor pretest sebesar 51,67 dan posttest sebesar 86,33 serta rata-rata N-Gain sebesar 0,72 dengan interpretasi yang tinggi dan dengan persentase ketuntasan adalah 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Larutan; Elektrolit; Lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 08:10 |
Last Modified: | 02 May 2024 08:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56158 |