Wijaya, Winardi (2022) “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scribely Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas IV SDN064030 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111098_COVER.pdf
Download (132kB)
2. NIM. 1183111098_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (314kB)
3. NIM. 1183111098_ABSTRAK.pdf
Download (277kB)
4. NIM. 1183111098_KATA PENGANTAR.pdf
Download (167kB)
5. NIM. 1183111098_DAFTAR ISI.pdf
Download (147kB)
6. NIM. 1183111098_DAFTAR TABEL.pdf
Download (112kB)
7. NIM. 1183111098_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (111kB)
8. NIM. 1183111098_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (113kB)
9. NIM. 1183111098_BAB I.pdf
Download (362kB)
13. NIM. 1183111098_BAB V.pdf
Download (211kB)
14. NIM. 1183111098_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (186kB)
Abstract
Penelitian dan pengembang ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Scribely yang dilakukan di SD Negeri 064030 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Scribely yang
layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation, tetapi peneliti hanya menggunakan tiga tahap saja yaitu analysis, design, dan development karena peneliti hanya berfokus pada pengembangannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kulitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi ahli media,
ahli materi dan praktisi pendidikan. Sedangkan data kualitatif didapatkan dari hasil hasil wawancara dengan guru kelas IV, serta saran dari validator. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat
Layak”. Ahli media memperoleh persentase 77% dengan kriteria “Layak”. Praktisi Pendidikan memperoleh persentase 95% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil dari validasi tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis Scribely yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Scribely |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 May 2024 08:38 |
Last Modified: | 02 May 2024 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56157 |