Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max Pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan dan Kaki Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Sibuea, Lasmaria S Br. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Swish Max Pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan dan Kaki Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 5162144005 COVER.pdf] Text
1. NIM 5162144005 COVER.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 2. NIM 5162144005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5162144005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 3. NIM 5162144005 PREFACE.pdf] Text
3. NIM 5162144005 PREFACE.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 4. NIM 5162144005 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 5162144005 ABSTRACT.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 5. NIM 5162144005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5162144005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 6. NIM 5162144005 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5162144005 TABLES.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 7. NIM 5162144005 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5162144005 ILLUSTRATION.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 8. NIM 5162144005 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5162144005 APPENDICES.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 9. NIM 5162144005 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5162144005 CHAPTER I.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 13. NIM 5162144005 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5162144005 CHAPTER V.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 14. NIM 5162144005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5162144005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran swish max pada materi pengurutan tangan siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Objek penelitian ini adalah mata pelajaran perawatan tangan dan kaki pada kompetensi dasar pengurutan tangan.
Tahapan awal penelitian ini adalah menganalisis potensi dan masalah yang dihadapi disekolah dengan melakukan analisis kebutuhan guru. Tahap kedua adalah mengumpulkan data baik dari guru maupun pihak sekolah. Tahap ketiga dalah melakukan desain produk. Tahap keempat adalah memvalidasi produk
kepada enam orang ahli dan tahap kelima adalah media yang sudah direvisi oleh ahli. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa hasil penilaian dari ahli materi sebesar 95,68% dengan kategori “Sangat Baik” dan
ahli media 91,01% dengan kategori “ Sangat Baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi swish max yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan untuk materi perawatan tangan
khususnya pada pengurutan tangan. Dapat disimpulkan bahwa media animasi pada materi pengurutan tangan dapat digunakan sebagai bantuan belajar untuk siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Research And Development (R&D); Swish Max; Pengurutan Tangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 May 2024 07:34
Last Modified: 02 May 2024 07:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56149

Actions (login required)

View Item
View Item