Artika, leni (2023) Pengaruh Media E-Comic Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir, Kecamatan Pegajahan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111058 COVER.pdf
Download (4MB)
2. NIM. 1181111058 APPROVAL SHEET.pdf
Download (5MB)
3. NIM. 1181111058 ABSTRACT.pdf
Download (4MB)
4. NIM. 1181111058 PREFACE.pdf
Download (4MB)
5. NIM. 1181111058 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (4MB)
6. NIM. 1181111058 ILLUSTRATION.pdf
Download (4MB)
7. NIM. 1181111058 TABLES.pdf
Download (4MB)
8. NIM. 1181111058 APPENDICES.pdf
Download (4MB)
9. NIM. 1181111058 CHAPTER I.pdf
Download (4MB)
13. NIM. 1181111058 CHAPTER V.pdf
Download (4MB)
14. NIM. 1181111058 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan apakah terdapat pengaruh media pembelajaran E-Comic terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir pada Tema 7 subtema 2 pembelajaran 1 T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Quasi Experiment dengan memakai design Nonequivalent control design (Design pretest-postest menggunakan kelompok control tanpa penguasaan random). Teknik sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 siswa dari keseluruhan populasi. Instrument yang digunakan yaitu tes pilihan berganda sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian normalitas data digunakan dengan uji Liliefors, data pretest eksperimen dengan taraf signifikansi 5% < diperoleh hasil (0,156<0,164). Dan data hasil posttest eksperimen diperoleh hasil (0,131<0,164). Sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Pada hasil uji homogenitas data pretest dan posttest dengan ketentuan < , diperoleh hasil pretest (1,003<1,905) dan posttest (1,166<1,905), maka kedua data tersebut memiliki varians sampel yang bersifat homogeny. Dan tahap akhir yaitu pada uji hipotesis dengan ketentuan = -6,361 lebih kecil dari = -1,674, maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media E-Comic berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan ini peneliti dapat menyimpulkan “Adanya Pengaruh Media E-Comic terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas V SD Negeri 105370 Petuaran Hilir, Kecamatan Pegajahan T.A 2021/2022”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media E-Comic; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:33 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56147 |