Shaf, Anggie Fadhlia Ash (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5173111002 COVER.pdf
Download (61kB)
2. NIM. 5173111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (562kB)
3. NIM. 5173111002 ABSTRACT.pdf
Download (248kB)
4. NIM. 5173111002 PREFACE.pdf
Download (380kB)
5. NIM. 5173111002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (386kB)
6. NIM. 5173111002 TABLES.pdf
Download (307kB)
7. NIM. 5173111002 ILLUSTRATION.pdf
Download (36kB)
8. NIM. 5173111002 APPENDICES.pdf
Download (211kB)
9. NIM. 5173111002 CHAPTER I.pdf
Download (774kB)
13. NIM. 5173111002 CHAPTER V.pdf
Download (347kB)
14. NIM. 5173111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (238kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. (2) Mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain intruktional ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis, (2) design, (3) development & implementation, dan (4) evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan responden penelitian siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi dan Bangunnan (DPIB). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash CS 6 melalui validasi satu ahli materi, satu ahli media, dan satu ahli bahasa. Teknik analisis data dilakukan dengan hitungan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) produk multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pembuatan gambar konstruksi tangga dan membuat gambar konstruksi tangga. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rerata skor sebesar 4 dengan kriteria “baik” termasuk dalam interpretasi “layak“. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh rerata skor sebesar 4,2 dengan kriteria “baik” termasuk dalam interpretasi “layak“. Berdasarkan validasi ahli bahasa diperoleh rerata skor sebesar 4 dengan kriteria “baik” termasuk dalam interpretasi “layak“. Penilaian siswa melalui angket user/pengguna mendapatkan rerata skor sebesar 4,694 dengan kriteria “baik” termasuk dalam interpretasi “sangat layak“ dalam arti tingkat penerimaan oleh siswa tergolong tinggi. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Adobe Flash CS6; Kontruksi Utilitas Gedung |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:27 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56135 |