Siallagan, Nelly Arta Sari (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5162311006 COVER.pdf
Download (84kB)
2. NIM. 5162311006 APPROVAL SHEET.pdf
Download (588kB)
3. NIM. 5162311006 ABSTRACT.pdf
Download (342kB)
4. NIM. 5162311006 PREFACE.pdf
Download (191kB)
5. NIM. 5162311006 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (320kB)
6. NIM. 5162311006 TABLES.pdf
Download (264kB)
7. NIM. 5162311006 ILLUSTRATION.pdf
Download (212kB)
8. NIM. 5162311006 APPENDICES.pdf
Download (265kB)
9. NIM. 5162311006 CHAPTER I.pdf
Download (722kB)
13. NIM. 5162311006 CHAPTER V.pdf
Download (191kB)
14. NIM. 5162311006 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (241kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping yaitu X DPIB 3 dan 30 siswa untuk kelas kontrol yaitu X DPIB 1 menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan materi pembelajaran Teknik Perawatan dan Pengecekan Jenis Optik. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 25 soal yang memenuhi analisis instrumen tes dengan reliabilitas sebesar 0,8640. Pada awal penelitian diberikan pre-test, adapun hasil belajar yang didapat adalah pada kelas eksperimen rata-rata kelas adalah 49,6, standar deviasi 7,53 dan variansnya 56,78 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata kelas adalah 46 standar deviasi 9,50 dan variansnya 90,34. Dari hasil pre-test ini terlihat bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan perlakuan masih tergolong rendah. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji liliefors, maka uji normalitas pre- test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,11 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai pre-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,143 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Kemudian uji normalitas nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai post-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,159 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Penggunaan model pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional yang dilanjutkan dengan uji-t diperoleh thitung = 6,71 > ttabel = 1,672, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah pada pokok bahasan Teknik Perawatan Dan Pengecekan Jenis Optik secara efektif pada model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mind Mapping; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics. Underground construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:17 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56133 |