Ardini, Sephia (2023) Pengaruh Penggunaan Media Blog Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP SWasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111040 COVER.pdf
Download (45kB)
2. NIM.2193111040 APPROVAL SHEET.pdf
Download (4MB)
3. NIM.2193111040 ABSTRACT.pdf
Download (190kB)
4. NIM.2193111040 PREFACE.pdf
Download (102kB)
5. NIM.2193111040 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (102kB)
6. NIM.2193111040 LIST OF FIGURE.pdf
Download (69kB)
7. NIM.2193111040 LIST OF TABLE.pdf
Download (92kB)
8. NIM.2193111040 CHAPTER I.pdf
Download (445kB)
12. NIM.2193111040 CHAPTER V.pdf
Download (101kB)
13. NIM.2193111040 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 sebelum menggunakan media Blog; (2)
Menganalisis kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 setelah menggunakan media Blog; (3) Menganalisis pengaruh penggunaan media Blog dalam meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan yang berjumlah 283 siswa dan sampel siswa kelas VII A berjumlah 45 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa sebelum menggunakan media Blog adalah 64 tergolong ke dalam katagori cukup sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa sesudah menggunakan media Blog adalah 82 tergolong ke dalam katagori baik. Berdasarkan uji t diperoleh nilai pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,017 dan hasil thitung = 5,808. Jadi, thitung >ttabel yaitu 5,808 > 2,017 sehingga h0 ditolak dan ha diterima. Berdasarkan data tersebut, maka hasil dari penelitian ini
ialah: 1) kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 sebelum menggunakan media Blog tergolong dalam kategori cukup. 2) kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII
SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 setelah menggunakan media Blog tergolong dalam kategori baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Blog terhadap kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks fabel siswa kelas VII SMP Swasta Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Media Blog, Teks Fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:38 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56118 |