Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Web Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.P 2022/2023

Pane, Aina Ristanti (2023) Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Web Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101776 Sampali T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1181111070_COVER.pdf] Text
1. NIM. 1181111070_COVER.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1181111070_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 1181111070_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1181111070_ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 1181111070_ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1181111070_KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 1181111070_KATA PENGANTAR.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1181111070_DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 1181111070_DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1181111070_DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 1181111070_DAFTAR TABEL.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1181111070_DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 1181111070_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1181111070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 1181111070_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1181111070_BAB I.pdf] Text
9. NIM. 1181111070_BAB I.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1181111070_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1181111070_BAB V.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1181111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1181111070_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif menggunakan aplikasi web wordwall yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampali TP. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kurikulum dan materi, kebutuhan pendidik dan peserta didik, kedua design, ketiga development, keempat implementation, dan kelima evaluation. Hasil penelitian ini telah menghasilkan media interaktif menggunakan aplikasi web wordwall dengan hasil: (1) kelayakan media diperoleh berdasarkan hasil validasi oleh ahli media yang memperoleh skor akhir sebesar 72 dengan persentase kelayakan sebesar 90% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor akhir 67 dengan persentase kelayakan sebesar 89% dengan kriteria “Sangat Layak”. (2) Kepraktisan media diperoleh berdasarkan hasil angket respon ahli praktisi pendidikan memperoleh skor akhir 66 dengan persentase kelayakan sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Layak”. (3) Keefektifan media diperoleh berdasarkan hasil test peserta didik yang memenuhi nilai ketuntasan atau KKM pada tahap pre-test sebesar 58% atau sebanyak 22 orang dan yang tidak memenuhi KKM sebanyak 16 orang dengan persentase sebesar 42%. Sedangkan pada tahap post-test jumlah peserta didik yang memenuhi KKM sebanyak 33 orang dengan persentase sebesar 86,8% dan yang
tidak memenuhi KKM sebanyak 5 orang dengan persentase sebesar 13,2%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa media wordwall yang dikembangkan sudah layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada kelas V tema 1 subtema 1 pembelajaran 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan; Media Interaktif; Aplikasi Web Wordwall; Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 May 2024 04:31
Last Modified: 02 May 2024 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56116

Actions (login required)

View Item
View Item