Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Materi Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Medan

Marbun, Novi Ida Yanti (2023) Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Pada Materi Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193311037 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193311037 COVER.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193311037 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193311037 APPROVAL SHEET.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 3. NIM.2193311037 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193311037 ABSTRACT.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193311037 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193311037 PREFACE.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193311037 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193311037 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193311037 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193311037 LIST OF TABLE.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193311037 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2193311037 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193311037 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2193311037 CHAPTER I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193311037 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2193311037 CHAPTER V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193311037 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2193311037 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media pembelajaran berbasis video scribe terhadap hasil nilai siswa pada materi menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 7 Medan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 7 Medan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII SMP Negeri 7 Medan. Objek penelitian ini adalah bentuk situasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa mendeskripsikan proses tahapan media video scribe yang dilakukan oleh guru dan mendeskripsikan hasil nilai menulis teks fabel siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap penggunaan media dan evaluasi dinyatakan dalam predikat sangat baik sedangkan pada tahap persiapan dan tindak lanjut dinyatakan dalam predikat baik, sedangkan setelah mengimplementasikan media video scribe diketahui bahwa hasil nilai dari 30 siswa, tiga siswa mendapatkan nilai 75, tiga siswa mendapatkan nilai 78.1, tujuh siswa mendapatkan nilai 81.2, tujuh siswa mendapatkan nilai 84.3, enam siswa mendapatkan nilai 87.5, tiga siswa mendapatkan nilai 90.6, satu siswa mendapatkan nilai 93.7

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran, Video Scribe, Teks Fabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 02 May 2024 03:01
Last Modified: 02 May 2024 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56091

Actions (login required)

View Item
View Item