Girsang, Gracia Rewina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192421005_Cover.pdf
Download (42kB)
4192421005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (376kB)
4192421005_Abstrak.pdf
Download (424kB)
4192421005_Kata_Pengantar.pdf
Download (393kB)
4192421005_Daftar_Isi.pdf
Download (363kB)
4192421005_Daftar_Gambar.pdf
Download (228kB)
4192421005_Daftar_Tabel.pdf
Download (229kB)
4192421005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (230kB)
4192421005_BAB_I.pdf
Download (337kB)
4192421005_BAB_V.pdf
Download (229kB)
4192421005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (375kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gelombang bunyi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda jumlah lima belas soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 46,7 dan kelas kontrol adalah 45 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,33 dan kelas kontrol adalah 72,67. Hasil analisis data menggunakan uji t terhadap nilai posttest menunjukkan hasil . Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Gelombang Bunyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 02 May 2024 02:24 |
Last Modified: | 02 May 2024 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56078 |