PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI

Girsang, Gracia Rewina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192421005_Cover.pdf] Text
4192421005_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4192421005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 4192421005_Abstrak.pdf] Text
4192421005_Abstrak.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4192421005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421005_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4192421005_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421005_Daftar_Isi.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 4192421005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421005_Daftar_Gambar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4192421005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421005_Daftar_Tabel.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4192421005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4192421005_BAB_I.pdf] Text
4192421005_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4192421005_BAB_V.pdf] Text
4192421005_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4192421005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan gelombang bunyi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda jumlah lima belas soal yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 46,7 dan kelas kontrol adalah 45 dan rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 81,33 dan kelas kontrol adalah 72,67. Hasil analisis data menggunakan uji t terhadap nilai posttest menunjukkan hasil . Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Gelombang Bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 02 May 2024 02:24
Last Modified: 02 May 2024 02:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56078

Actions (login required)

View Item
View Item