ANALISIS KCSULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KCLAS X MIPA SMA NEGERI 14 MEDAN TABUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Sibarani, Esther (2023) ANALISIS KCSULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DI KCLAS X MIPA SMA NEGERI 14 MEDAN TABUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183341032_Cover.pdf] Text
4183341032_Cover.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4183341032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183341032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183341032_Abstrak.pdf] Text
4183341032_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4183341032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183341032_Kata_Pengantar.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4183341032_Daftar_Isi.pdf] Text
4183341032_Daftar_Isi.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4183341032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4183341032_Daftar_Tabel.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4183341032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4183341032_Daftar_Gambar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4183341032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4183341032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4183341032_BAB_I.pdf] Text
4183341032_BAB_I.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 4183341032_BAB_V.pdf] Text
4183341032_BAB_V.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4183341032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183341032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalarn mempelajari materi virus dari aspek kognitif, aspek indikator pembelajaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi virus di kelas X Mipa Sma Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian diambil secara Random Sampling yang berjumlah 72 siswa. Data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket kesulitan belajar. Persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif untuk CI sebesar 56,25% (sedang), C2 sebesar 59,37% (sedang), C3 sebesar 45% (sedang), C4 sebesar 65,28% (tinggi), C5 sebesar 67,01% (tinggi), dan C6 sebesar 66,67% (tinggi). Selanjutnya persentase kesulitan belajar siswa pada aspek indikator pembelajaran I sebesar 33,33%, indikator pembelajaran 2 sebesar 70, 13%, indikator pembelajaran 3 sebesar 55,900,' indikator pembelajaran 4 sebesar 69,44%, indikator pembelajaran 5 sebesar 58,33%, indikator pembelajaran 6 sebesar 63,42%, indikator pembelajaran 7 sebesar 58,33%, indikator pembelajaran 8 sebesar 67 ,36%, indikator pembelajaran 9 sebesar 70,83% dan indikator pembelajaran 10 sebesar 72,22%. Faktor yang rnempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi: motivasi (tinggi), minat (sedang). Sedangkan aspek eksternal meliputi: metode mengajar guru (tinggi), materi pelajaran (sangat tinggi), fasilitas di sekolah (tinggi), bebas tugas (tinggi), media pembelajaran (sedang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kesulitan belajar; Virus ; Aspek kognitif; Indikator pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 16:55
Last Modified: 01 May 2024 16:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

View Item
View Item