SIHOMBING, ASTY UTARI DWI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7173141004_Cover.pdf
Download (57kB)
7173141004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (384kB)
7173141004_Kata_Pengantar.pdf
Download (196kB)
7173141004_Abstrak.pdf
Download (91kB)
7173141004_Daftar_Isi.pdf
Download (69kB)
7173141004_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
7173141004_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
7173141004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
7173141004_BAB_I.pdf
Download (386kB)
7173141004_BAB_V.pdf
Download (91kB)
7173141004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (153kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS yang berjumlah 61 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan daftar kumpulan nilai.
Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa: (1) persamaan regresi: Y = 3,062 + 0,432X1 + 0,545 X2 (2) secara parsial Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig (0,004<0,05) dan thitung > ttabel. (3,055 > 1,664). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa Yang ditunjukkan oleh nilai signifikan (0,000<0,05) dan thitung > ttabel. (4,346 > 1,664) (4) Pengaruh Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi ditunjukkan dari (uji F) di mana nilai Fhitung sebesar (46,322> 3,11) (5) kontribusi Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar 61,9%. Sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom, Motivasi belajar, Hasil belajar Siswa. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 13:46 |
Last Modified: | 04 May 2024 16:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56044 |