PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2021/2022

SIHOMBING, ASTY UTARI DWI (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 MEDAN T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7173141004_Cover.pdf] Text
7173141004_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 7173141004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7173141004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 7173141004_Kata_Pengantar.pdf] Text
7173141004_Kata_Pengantar.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 7173141004_Abstrak.pdf] Text
7173141004_Abstrak.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 7173141004_Daftar_Isi.pdf] Text
7173141004_Daftar_Isi.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7173141004_Daftar_Tabel.pdf] Text
7173141004_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 7173141004_Daftar_Gambar.pdf] Text
7173141004_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7173141004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7173141004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7173141004_BAB_I.pdf] Text
7173141004_BAB_I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 7173141004_BAB_V.pdf] Text
7173141004_BAB_V.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 7173141004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7173141004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (153kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS yang berjumlah 61 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan daftar kumpulan nilai.
Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa: (1) persamaan regresi: Y = 3,062 + 0,432X1 + 0,545 X2 (2) secara parsial Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig (0,004<0,05) dan thitung > ttabel. (3,055 > 1,664). (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa Yang ditunjukkan oleh nilai signifikan (0,000<0,05) dan thitung > ttabel. (4,346 > 1,664) (4) Pengaruh Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi ditunjukkan dari (uji F) di mana nilai Fhitung sebesar (46,322> 3,11) (5) kontribusi Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom dan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar 61,9%. Sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran E-learning berbasis Google Classroom, Motivasi belajar, Hasil belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 May 2024 13:46
Last Modified: 04 May 2024 16:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56044

Actions (login required)

View Item
View Item