PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION DI SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN

Siregar, Erlin Katie Melani (2023) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT AND DIVISION DI SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321015_Cover.pdf] Text
4193321015_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4193321015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of 4193321015_Abstrak.pdf] Text
4193321015_Abstrak.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of 4193321015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321015_Kata_Pengantar.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of 4193321015_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321015_Daftar_Isi.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 4193321015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321015_Daftar_Tabel.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4193321015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321015_Daftar_Gambar.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 4193321015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4193321015_BAB_I.pdf] Text
4193321015_BAB_I.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 4193321015_BAB_V.pdf] Text
4193321015_BAB_V.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4193321015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (622kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar dan kemampuan literasi sains siswa serta mengetahui signifikansi hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe student team achievement and division (STAD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Populasi penelitian seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pangaribuan T.P 2022/2023 sebanyak 5 kelas dan sampel penelitian ini Kelas XI MIPA 3 (Kelas Eksperimen) dan XI MIPA 4 (Kelas Kontrol ) diambil secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan lembar tes kemampuan literasi sains berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian yang didapatkan ratarata motivasi awal dan akhir belajar di kelas eksperimen 49,76 dan 79,33 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 46,63 dan 64,6 dan rata-rata pretest dan postest kemampuan literasi sains siswa pada kelas ekpserimen 37,33 dan 80,33 sedangkan di kelas kontrol 33,83 dan 56,67. Selain itu diperoleh hasil uji korelasi untuk rtabel (0,8185)> thitung(0,050) dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian hasil penelitian pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan literasi sain siswa dan menunjukkan hubungan signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan literasi sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: STAD; Motivasi Belajar; Kemampuan Literasi sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 10:37
Last Modified: 01 May 2024 10:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56013

Actions (login required)

View Item
View Item