PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS VIII SMP

Silitonga, Elvayana Br (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192451013_Cover.pdf] Text
4192451013_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4192451013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 4192451013_Abstrak.pdf] Text
4192451013_Abstrak.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4192451013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451013_Kata_Pengantar.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4192451013_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451013_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4192451013_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192451013_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4192451013_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192451013_Daftar_Gambar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4192451013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192451013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4192451013_BAB_I.pdf] Text
4192451013_BAB_I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4192451013_BAB_V.pdf] Text
4192451013_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4192451013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan LKPD PhET Simulation pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain control group pretes postes design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal ada 10 kelas T.A 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 300 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu kelas eksperimen VIII-4 dan kelas kontrol VIII-5 yang masing-masing jumlah peserta didik 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa test essay 10 soal yang sudah divalidasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan untuk melihat pengaruh menggunakan effect size.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 49,00 dan kelas kontrol 45,42. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung < ttabel (0,0312 < 0,0314) yang menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil nilai rata-rata untuk postes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 85,00 dan kelas kontrol 45,42. Data hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (0,2080 > 0,0314) yang menyatakan adanya perbedaan nilai rata-rata dari kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis LKPD diperoleh adanya peningkatan setiap pertemuan yaitu dari pertemuan pertama sebesar 59,00, pertemuan kedua sebesar 83,00 dan pertemuan ketiga sebesar 90,00. Pengujian effect size diperoleh hasil 0,85 dengan kategori sangat besar, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD PhET Simulation mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Sunggal pada materi getaran, gelombang dan bunyi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; LKPD PhET Simulation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 09:12
Last Modified: 01 May 2024 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56004

Actions (login required)

View Item
View Item