Silitonga, Elvayana Br (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI DI KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192451013_Cover.pdf
Download (66kB)
4192451013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (516kB)
4192451013_Abstrak.pdf
Download (244kB)
4192451013_Kata_Pengantar.pdf
Download (243kB)
4192451013_Daftar_Isi.pdf
Download (120kB)
4192451013_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
4192451013_Daftar_Gambar.pdf
Download (87kB)
4192451013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (92kB)
4192451013_BAB_I.pdf
Download (278kB)
4192451013_BAB_V.pdf
Download (88kB)
4192451013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (234kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan LKPD PhET Simulation pada materi getaran, gelombang dan bunyi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain control group pretes postes design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal ada 10 kelas T.A 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 300 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yaitu kelas eksperimen VIII-4 dan kelas kontrol VIII-5 yang masing-masing jumlah peserta didik 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa test essay 10 soal yang sudah divalidasi. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dan untuk melihat pengaruh menggunakan effect size.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 49,00 dan kelas kontrol 45,42. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung < ttabel (0,0312 < 0,0314) yang menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil nilai rata-rata untuk postes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 85,00 dan kelas kontrol 45,42. Data hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (0,2080 > 0,0314) yang menyatakan adanya perbedaan nilai rata-rata dari kedua kelas. Berdasarkan hasil analisis LKPD diperoleh adanya peningkatan setiap pertemuan yaitu dari pertemuan pertama sebesar 59,00, pertemuan kedua sebesar 83,00 dan pertemuan ketiga sebesar 90,00. Pengujian effect size diperoleh hasil 0,85 dengan kategori sangat besar, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD PhET Simulation mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Sunggal pada materi getaran, gelombang dan bunyi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; LKPD PhET Simulation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 May 2024 09:12 |
Last Modified: | 01 May 2024 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56004 |