PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERMUATAN LITERASI SAINS PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN KONTEKS FLARE

Sitorus, Yonas Alexandry (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERMUATAN LITERASI SAINS PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN KONTEKS FLARE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131009_Cover.pdf] Text
4193131009_Cover.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4193131009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 4193131009_Abstrak.pdf] Text
4193131009_Abstrak.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4193131009_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131009_Kata_Pengantar.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4193131009_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131009_Daftar_Isi.pdf

Download (738kB)
[thumbnail of 4193131009_BAB_I.pdf] Text
4193131009_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4193131009_BAB_V.pdf] Text
4193131009_BAB_V.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4193131009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi ahli instrumen tes yang dikembangkan untuk menilai tingkatan literasi sains siswa pada materi reaksi redoks sekaligus mengetahui capaian literasi sains siswa di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Desain penelitian menggunakan Model of Educational Recontruction. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket respon siswa, validasi instrumen dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, validasi instrumen tes dan angket respon siswa terhadap instrumen tes. Teknik analisis data dalam menguji kevalidan instrumen tes menggunakan Content Validty Index (CVI). Hasil dari validasi ahli didapat bahwa perhitungan indeks validitas (CVI) untuk instrumen tes yang dirancang diperoleh 0,97 sehingga memenuhi kriteria sangat sesuai. Nilai reliabilitas yang didapat sebesar 0,63 berada pada kriteria tinggi. Nilai pada tingkat kesukaran berada pada rentang 0,33-0,70 yang memiliki kriteria sedang. Tingkatan pencapaian literasi sains siswa kelas X IPA SMA Swasta PAB 8 Saentis yang diperoleh berada pada tingkatan rendah dengan nilai rata-rata persentase yang didapatkan yaitu 34% dan mayoritas pencapaian tingkatan paling tinggi yang dapat dicapai oleh siswa yaitu tingkatan nominal scientific literacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Sit p
Keywords: Instrumen tes; Literasi sains; Redoks; Flare; Model rekonstruksi pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:31
Last Modified: 30 Apr 2024 08:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55986

Actions (login required)

View Item
View Item