Pengambangan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interakif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar di SMK PAB 1 Helvetia

Septiningsih, Rina (2022) Pengambangan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interakif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar di SMK PAB 1 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5173351038 COVER.pdf] Text
1. NIM 5173351038 COVER.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 2. NIM 5173351038 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5173351038 APPROVAL SHEET.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 3. NIM 5173351038 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5173351038 ABSTRACT.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4. NIM 5173351038 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5173351038 PREFACE.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of 5. NIM 5173351038 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5173351038 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 6. NIM 5173351038 TABELS.pdf] Text
6. NIM 5173351038 TABELS.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 7. NIM 5173351038 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5173351038 ILLUSTRATION.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 8. NIM 5173351038 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5173351038 APPENDICES.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 9. NIM 5173351038 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5173351038 CHAPTER I.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 13. NIM 5173351038 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5173351038 CHAPTER V.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 14. NIM 5173351038 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5173351038 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis android yang layak serta efektif untuk digunakan oleh siswa kelas X
Teknik Komputer dan Jaringan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.
Penggunaan media pembelajaran menjadi hal yang penting untuk dilakukan guna
meningkatkan kualitas belajar. Penggunaan animasi dalam proses pembelajaran
dilakukan untuk menarik perhatian siswa dan memperkuat motivasi. Peneliti
mengembangkan media pembelajaran yang interaktif menggunakan Software
Adobe Flash Pro CS6. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model
Waterfall By Pressman dengan tahapan Communication, Planning, Modelling,
Construction, dan Deployment. Sasaran penelitian adalah guru dan siswa.
Pengujian kelayakan terhadap media yang dikembangkan diuji oleh validator
materi, validator media dan akseptansi atau pengguna. Perolehan skor kelayakan
materi adalah 4.9 (sangat layak), kelayakan media 4.55 (sangat layak), dan skor
pengguna 4.9 (sangat layak). Uji efektivitas menggunakan uji N-gain dengan nilai
rata-rata 0.752069 dan total kategori persenan efektivitas gain 75.13897 maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media yang dikembangkan dalam proses
pembelajaran di katakan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif; Animasi; Adobe Flash Pro CS6; Komputer; Jaringan Dasar
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:06
Last Modified: 30 Apr 2024 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55983

Actions (login required)

View Item
View Item