PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TARUTUNG

Hutabarat, Yosevin Angelina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311035_Cover.pdf] Text
4183311035_Cover.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4183311035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4183311035_Abstrak.pdf] Text
4183311035_Abstrak.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 4183311035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311035_Kata_Pengantar.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4183311035_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311035_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4183311035_BAB_I.pdf] Text
4183311035_BAB_I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4183311035_BAB_V.pdf] Text
4183311035_BAB_V.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4183311035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung. (2) Untuk deskripsikan bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel setelah diterapkan pembelajaran dengan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tarutung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,94 kemudian nilai rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 81,12. Kemudian ditemukan juga bahwa ketuntasan belajar klasikal pada siklus II mencapai 87,5%. (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis berkategori baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam berhitung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education di kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung.
Berdasarkan penelitian ini peneliti berharap agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran dikelas karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Hut p
Keywords: Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:59
Last Modified: 30 Apr 2024 07:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55981

Actions (login required)

View Item
View Item