Hutabarat, Yosevin Angelina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183311035_Cover.pdf
Download (41kB)
4183311035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (182kB)
4183311035_Abstrak.pdf
Download (469kB)
4183311035_Kata_Pengantar.pdf
Download (175kB)
4183311035_Daftar_Isi.pdf
Download (106kB)
4183311035_BAB_I.pdf
Download (317kB)
4183311035_BAB_V.pdf
Download (106kB)
4183311035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (161kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung. (2) Untuk deskripsikan bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel setelah diterapkan pembelajaran dengan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tarutung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematis untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa. (1) Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 57,94 kemudian nilai rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 81,12. Kemudian ditemukan juga bahwa ketuntasan belajar klasikal pada siklus II mencapai 87,5%. (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis berkategori baik. Hal ini dilihat dari siswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan algoritma yang tepat serta berkurangnya kesalahan siswa dalam berhitung. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education di kelas VIII SMP Negeri 2 Tarutung.
Berdasarkan penelitian ini peneliti berharap agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran dikelas karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Hut p |
Keywords: | Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55981 |