PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN

Purba, Gian Sela Ernes (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193321024_Cover.pdf] Text
4193321024_Cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 4193321024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of 4193321024_Abstrak.pdf] Text
4193321024_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4193321024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321024_Kata_Pengantar.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4193321024_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321024_Daftar_Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4193321024_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321024_Daftar_Gambar.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4193321024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4193321024_BAB_I.pdf] Text
4193321024_BAB_I.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 4193321024_BAB_V.pdf] Text
4193321024_BAB_V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4193321024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 8 Medan T.A 2022/2023 dengan jumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen sebesar 39,82 dan kelas kontrol sebesar 39,08. Untuk rata-rata hasil nilai postest pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sebesar 84,07 dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional sebesar 73,52 dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,14 > 1,684 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Momentum dan implus; Pengumpulan sampel; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:40
Last Modified: 30 Apr 2024 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55975

Actions (login required)

View Item
View Item