Sari, Yuli Masita (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KEBANGSAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311046_Cover.pdf
Download (47kB)
4193311046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (825kB)
4193311046_Abstrak.pdf
Download (263kB)
4193311046_Kata_Pengantar.pdf
Download (385kB)
4193311046_Daftar_Isi.pdf
Download (448kB)
4193311046_BAB_I.pdf
Download (764kB)
4193311046_BAB_V.pdf
Download (263kB)
4193311046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (596kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Medan T.A. 2022/2023. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berbantuan autograph di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Medan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang brejumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengam menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph pada materi bangun ruang sisi datar. Instrument penelitian dalam pengumpulan data adalah tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 6 orang (23,07%) siswa yang berhasil dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada tes siklus II, 23 orang (88,46%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph mengalami peningkatan di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sar u |
Keywords: | Problem based learning; Autograph; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:54 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55970 |