UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KEBANGSAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH

Sari, Yuli Masita (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PERGURUAN KEBANGSAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311046_Cover.pdf] Text
4193311046_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 4193311046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 4193311046_Abstrak.pdf] Text
4193311046_Abstrak.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193311046_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311046_Kata_Pengantar.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4193311046_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311046_Daftar_Isi.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 4193311046_BAB_I.pdf] Text
4193311046_BAB_I.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of 4193311046_BAB_V.pdf] Text
4193311046_BAB_V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 4193311046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Medan T.A. 2022/2023. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar berbantuan autograph di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Medan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang brejumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengam menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph pada materi bangun ruang sisi datar. Instrument penelitian dalam pengumpulan data adalah tes. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 6 orang (23,07%) siswa yang berhasil dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada tes siklus II, 23 orang (88,46%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan autograph mengalami peningkatan di kelas VIII SMP Perguruan Kebangsaan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sar u
Keywords: Problem based learning; Autograph; Kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:54
Last Modified: 30 Apr 2024 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55970

Actions (login required)

View Item
View Item