Perancangan Sistem Informasi Manajemen Prakerin (Praktik Kerja Industri) Berbasis Web di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi

Batubara, Putri Khairul Nisa (2024) Perancangan Sistem Informasi Manajemen Prakerin (Praktik Kerja Industri) Berbasis Web di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193351004_Cover.pdf] Text
5193351004_Cover.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 5193351004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193351004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of 5193351004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193351004_Kata_Pengantar.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 5193351004_Abstrak.pdf] Text
5193351004_Abstrak.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 5193351004_Daftar_Isi.pdf] Text
5193351004_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 5193351004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193351004_Daftar_Tabel.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5193351004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193351004_Daftar_Gambar.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5193351004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193351004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 5193351004_BAB_I.pdf] Text
5193351004_BAB_I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 5193351004_BAB_V.pdf] Text
5193351004_BAB_V.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 5193351004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193351004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi pada kelas XII. Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terjadi yaitu proses manajemen prakerin masih dilakukan secara manual yang mengakibatkan sulitnya memantau atau memonitoring kegiatan prakerin siswa dikarenakan lokasi tempat prakerin yang jauh dan memakan banyakwaktu dan biaya. Inilah yang membuat proses monitoring prakerin belum efektif dan efisien. Berdasarkan permsalahan tersebut,peneliti merancang sebuah sistem informasi manajemen prakerin berbasis web yang dapat diakses melalui jaringan internet.
Sistem ini dirancang untuk memudahkan proses monitoring pelaksanaan prakerin siswa sehingga informasi mengenai kegiatan yang dilakukan akan lebih mudah dan cepat. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengembangan Waterfall. Model pengembangan waterfall memiliki beberapatahapan-tahapan seperti: (Communication) menganalisis kebutuhan, (Planning) perencanaan yang menjelaskan tentang estimasi tugas, (Modeling) perancangan struktur, (Construction) penerjemah bentuk desain menjadi bentuk bahasa, (Deployment) implementasi ke pengguna.
Hasil yang didapatkan dari permasalahan pada penelitian ini yaitu terciptanya sebuah sistem informasi manajemen Prakerin berbasis web. Pada hasil perancangan tersebut dilakukan uji black box dan uji white box. Uji black box yang dilakukan pada perangkat lunak berjalan dengan baik, dan uji white box
yang dilakukan dengan menggunakan selenium IDE menunjukkan bahwa hasil pengujian valid tanpa adanya error. Setelah dilakukannya uji black box dan whitebox, peneliti melakukan uji kelayakan website. Hasil dari uji kelayakan website dari penilaian ahli sistem informasi 1 (83%) dan ahli sistem informasi 2 (92%) yang dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen prakerin dinyatakan “sangat layak” digunakan. Peneliti juga melakukan uji penilaian pengguna yang dilakukan 20 siswa pada aspek usefulness, easy of use, easy of learning, dan satisfaction dan memperoleh persentase nilai rata-rata di setiap aspek diatas 93% yang berarti hasil uji penilaian pengguna terhadap sistem informasi manajemen prakerin berbasis web yang dikembangkan dikatakan
“sangat baik” digunakan di sekolah SMK Negeri 2 Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Sistem Informasi Manajemen; Prakerin (Praktik Kerja Industri); Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:37
Last Modified: 30 Apr 2024 06:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55967

Actions (login required)

View Item
View Item