Harahap, Rizki Andika (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) di Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sistem Pemindah Daya di SMK Negeri 4 Medan T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193122022_Cover.pdf
Download (52kB)
5193122022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5193122022_Kata_Pengantar.pdf
Download (156kB)
5193122022_Abstrak.pdf
Download (150kB)
5193122022_Daftar_Isi.pdf
Download (92kB)
5193122022_Daftar_Tabel.pdf
Download (35kB)
5193122022_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
5193122022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (64kB)
5193122022_BAB_I.pdf
Download (300kB)
5193122022_BAB_V.pdf
Download (277kB)
5193122022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (119kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Pada siswa kelas XI TKR. Pada mata pelajaran Sistem Pemindah Daya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Riset). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi
tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR di Smk Negeri 4 Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari siklus I (57,7%) dan siklus II (91,6%).
Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I yaitu siswa yang menyelesaikan pretest sebesar 41% (10 siswa), siswa yang tuntas posttest sebanyak 57,7% (20 siswa) kemudian meningkat menjadi 91,6% (27 siswa) pada siklus II, dengan indikator ketercapaian hasil belajar melebihi yang ditentukan yaitu 80% dari seluruh siswa dengan mendapatkan skor >75. Berdasarkan hasil penelitian bisa Disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) di Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Sistem Pemindah Daya. Dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa dengan indikator keberhasilan belajar siswa sebesar 70% siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model pembelajaran; Student Team Achievement Divisions (STAD) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 05:31 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 05:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55961 |