Nasution, Nazri Maulana (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193122017_Cover.pdf
Download (160kB)
5193122017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (515kB)
5193122017_Kata_Pengantar.pdf
Download (203kB)
5193122017_Abstrak.pdf
Download (255kB)
5193122017_Daftar_Isi.pdf
Download (204kB)
5193122017_Daftar_Tabel.pdf
Download (169kB)
5193122017_Daftar_Gambar.pdf
Download (126kB)
5193122017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (131kB)
5193122017_BAB_I.pdf
Download (493kB)
5193122017_BAB_V.pdf
Download (196kB)
5193122017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (285kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil dari pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran discovery learning pada siswa X Teknik Kendaraan Ringan, (2) Menguji kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Dengan model yang dipilih adalah model 4D, empat tahapan dalam proses pengembangannya yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi (pengamatan), dan Angket (kuisioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh: Kelayakan media pembelajaran LKPD diperoleh dari ahli materi dengan persentasi 93,33% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media dengan persentasi 98,8% dengan kategori sangat layak, ahli desain pembelajaran 87,5% dengan kategori sangat layak, dan uji coba dari respon siswa kelompok kecil dengan persentasi 91,66% dengan kategori sangat layak, respon siswa kelompok besar dengan persentasi 88,81% dengan kategori sangat layak, dan respon guru dengan persentasi 95,83% dengan kategori sangat layak dengan hasil rata-rata keseluruhan 89,66% dengan kategori sangat layak. Dengan mengacu pada analisis tingkat kelayakan maka pengembangan LKPD berbasis discovery learning di SMK Negeri 2 Medan, sudah sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif kelas X di SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Dasar-Dasar Teknik Otomotif; Discovery learning; Metode penelitian Research and Development (R&D); Model Pengembangan 4-D; LKPD; Pengembangan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 05:08 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55959 |