Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Di SMK Negeri 2 Medan

Nasution, Nazri Maulana (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193122017_Cover.pdf] Text
5193122017_Cover.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 5193122017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193122017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of 5193122017_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193122017_Kata_Pengantar.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 5193122017_Abstrak.pdf] Text
5193122017_Abstrak.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 5193122017_Daftar_Isi.pdf] Text
5193122017_Daftar_Isi.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 5193122017_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193122017_Daftar_Tabel.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 5193122017_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193122017_Daftar_Gambar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 5193122017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193122017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 5193122017_BAB_I.pdf] Text
5193122017_BAB_I.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 5193122017_BAB_V.pdf] Text
5193122017_BAB_V.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5193122017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193122017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil dari pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran discovery learning pada siswa X Teknik Kendaraan Ringan, (2) Menguji kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Dengan model yang dipilih adalah model 4D, empat tahapan dalam proses pengembangannya yaitu Define, Design, Development, Disseminate. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 di SMK Negeri 2 Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi (pengamatan), dan Angket (kuisioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh: Kelayakan media pembelajaran LKPD diperoleh dari ahli materi dengan persentasi 93,33% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media dengan persentasi 98,8% dengan kategori sangat layak, ahli desain pembelajaran 87,5% dengan kategori sangat layak, dan uji coba dari respon siswa kelompok kecil dengan persentasi 91,66% dengan kategori sangat layak, respon siswa kelompok besar dengan persentasi 88,81% dengan kategori sangat layak, dan respon guru dengan persentasi 95,83% dengan kategori sangat layak dengan hasil rata-rata keseluruhan 89,66% dengan kategori sangat layak. Dengan mengacu pada analisis tingkat kelayakan maka pengembangan LKPD berbasis discovery learning di SMK Negeri 2 Medan, sudah sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Otomotif kelas X di SMK Negeri 2 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Dasar-Dasar Teknik Otomotif; Discovery learning; Metode penelitian Research and Development (R&D); Model Pengembangan 4-D; LKPD; Pengembangan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 05:08
Last Modified: 30 Apr 2024 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55959

Actions (login required)

View Item
View Item