Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL Pada Materi Jenis-Jenis Elektroda Pengelasan LAS MIG di SMK Negeri 4 Medan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning

Saragih, Putra Pauji (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL Pada Materi Jenis-Jenis Elektroda Pengelasan LAS MIG di SMK Negeri 4 Medan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193321008_Cover.pdf] Text
5193321008_Cover.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 5193321008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193321008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 5193321008_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193321008_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 5193321008_Abstrak.pdf] Text
5193321008_Abstrak.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5193321008_Daftar_Isi.pdf] Text
5193321008_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5193321008_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193321008_Daftar_Tabel.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 5193321008_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193321008_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 5193321008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193321008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 5193321008_BAB_I.pdf] Text
5193321008_BAB_I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 5193321008_BAB_V.pdf] Text
5193321008_BAB_V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 5193321008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193321008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG dengan metode pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 12 siswa (60%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II sebanyak 18 siswa (90%) dari 20 siswa telah memenuhi KKM. Hasil belajar pada siklus II secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu persentase siswa yang
mencapai nilai KKM sebesar ≥ 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa
adanya peningkatan hasil siswa pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Hasil Belajar; Jenis Elektroda
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:21
Last Modified: 30 Apr 2024 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55942

Actions (login required)

View Item
View Item