Saragih, Putra Pauji (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPL Pada Materi Jenis-Jenis Elektroda Pengelasan LAS MIG di SMK Negeri 4 Medan Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193321008_Cover.pdf
Download (137kB)
5193321008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (393kB)
5193321008_Kata_Pengantar.pdf
Download (256kB)
5193321008_Abstrak.pdf
Download (177kB)
5193321008_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
5193321008_Daftar_Tabel.pdf
Download (82kB)
5193321008_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
5193321008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
5193321008_BAB_I.pdf
Download (425kB)
5193321008_BAB_V.pdf
Download (112kB)
5193321008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (177kB)
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG dengan metode pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TPL SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 12 siswa (60%) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Persentase hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM belum mencapai indikator keberhasilan secara klasikal yang telah ditetapkan. Sedangkan pada siklus II sebanyak 18 siswa (90%) dari 20 siswa telah memenuhi KKM. Hasil belajar pada siklus II secara keseluruhan sudah mencapai indikator ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu persentase siswa yang
mencapai nilai KKM sebesar ≥ 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa
adanya peningkatan hasil siswa pada materi jenis-jenis elektroda pengelasan las MIG melalui penerapan metode pembelajaran Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Hasil Belajar; Jenis Elektroda |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:21 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55942 |