Pane, Nando Oktavianus (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK YAPIM Simpang Kawat. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173121020_Cover.pdf
Download (88kB)
5173121020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5173121020_Kata_Pengantar.pdf
Download (272kB)
5173121020_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5173121020_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
5173121020_Daftar_Tabel.pdf
Download (177kB)
5173121020_Daftar_Gambar.pdf
Download (156kB)
5173121020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (224kB)
5173121020_BAB_I.pdf
Download (404kB)
5173121020_BAB_V.pdf
Download (156kB)
5173121020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (224kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe flash; dan (2) menilai kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe flash. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan mengadopsi dari prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi meliputi tahap identifikasi, tahap desain dan pengembangan, tahap validasi, tanggapan pengguna dan hasil produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Data hasil penelitian
dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian diperoleh: (1) telah dihasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual dengan format.exe dan memiliki ukuran sebesar 184 MB sehingga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah sekalipun. Media pembelajaran interaktif dilengkapi dengan gambar, video, audio dan animasi yang membuat penyajian materi lebih menarik dan mudah dipahami. Media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual dengan memiliki latihan soal yang digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan; (2) kelayakan media pembelajaran interaktif pembuatan roda gigi lurus berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan skor 3,44 dengan persentase 85,15% termasuk dalam kategori sangat baik, penilaian ahli materi mendapatkan skor 3,28 dengan
persentase 82% termasuk dalam kategori baik, dan penilaian siswa mendapatkan skor 3,45 dengan persentase 86,4% termasuk dalam kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Research and Development |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:09 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55937 |