Saragih, Komandan (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X TKR SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5151122007-COVER.pdf
Download (52kB)
2. 5151122007-APPROVAL SHEET.pdf
Download (464kB)
3. 5151122007-ABSTRACT.pdf
Download (65kB)
4. 5151122007-PREFACE.pdf
Download (118kB)
5. 5151122007-TABLE OF CONTENT.pdf
Download (88kB)
6. 5151122007-TABLES.pdf
Download (34kB)
7 5151122007-ILLUSTRATION.pdf
Download (211kB)
8. 5151122007 - APPENDICES.pdf
Download (210kB)
9. 5151122007 - CHAPTER I.pdf
Download (623kB)
13. 5151122007 - CHAPTER V.pdf
Download (271kB)
14. 5151122007 - BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (350kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media
pembelajaran cara kerja mesin 2 langkah dan 4 langkah pada mata pelajaran
teknologi dasar otomotif di SMK Negeri 5 Medan yang dapat digunakan untuk
mendukung pembelajaran sehingga membantu pengajar dalam menyampaikan
materi pelajaran. Media pembelajaran yang dibuat ini dibuat dengan
mengkombinasikan macam macam obyek multimedia, yaitu teks, gambar,
animasi, audio, video, dan tombol interaktif, selain itu juga untuk mengetahui
kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE,
meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi).
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes.
Hasil penelitian ini adalah Media Pembelajaran Teknologi Dasar
Otomotif, dengan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi ahli
materi 86,94% dengan kategori sangat layak, (2) penilaian dari validasi
ahli media mencapai 96,52% dengan kategori sangat layak, (3) penilaian
dari validasi ahli desainpembelajaran mencapai 82,46% dengan kategori
sangat layak, (4) Hasil penilaian siswa melalui angket pengguna dengan
uji coba one to one mendapatkan rata-rata skor sebesar 82,50% dengan
kategori sangat layak, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor
sebesar 82,47% dengan kategori sangat layak, dan uji coba skala besar
mendapatkan rata-rata skor sebesar 83,43% dengan kategori sangat layak,
dan (5) Terdapat perbedaan antara hasil belajar dengan rata-rata setiap
siswa meningkat 15,19% dari sebelum menggunakan media sebesar
66,80 dan setelah menggunakan media 76,95 menggunakan skala nilai
100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang
dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas
X TKR di SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media; Multimedia Interaktif |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55924 |