Sihombing, Ekklesia Ade Pratiwi (2024) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Siswa Kelas X SMKN 1 Lubuk Pakam TA 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
5171121003_Cover.pdf
Download (216kB)
5171121003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (396kB)
5171121003_Kata_Pengantar.pdf
Download (349kB)
5171121003_Abstrak.pdf
Download (240kB)
5171121003_Daftar_Isi.pdf
Download (239kB)
5171121003_Daftar_Tabel.pdf
Download (305kB)
5171121003_Daftar_Gambar.pdf
Download (209kB)
5171121003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (308kB)
5171121003_BAB_I.pdf
Download (432kB)
5171121003_BAB_V.pdf
Download (240kB)
5171121003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (372kB)
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur ataupun penilaian yang bisa dijadikan sebagai acuan berhasil atau tidaknya suatu pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan peningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan Blanded
Learning dan untuk mengetahui faktor mendukung dan menghambat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran Blanded Learning. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi dalam setiap pelaksanaan siklus, yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini peneliti berkolaborasi dengan
guru mata pelajaran Teknik Pengelasan. Guru menerapkan rencana yang dibuat peneliti, sementara penulis bertindak sebagai perencana, pengamat, analisis data, dan penulis laporan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan juga lembar observasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model Blanded Learning dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar murid berdasarkan temuan analisis penelitian. Teristimewa standar kompetensi teknik pengelasan manual (SMAW). Hal ini terlihat pada pra siklus dengan nilai rata-rata 69,6, meningkat pada siklus I
dengan nilai rata-rata 74,48, dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,18. Sedangkan pra siklus memiliki tingkat ketuntasan 37,5%, siklus I memiliki
tingkat ketuntasan 59,4%, dan siklus II memiliki tingkat ketuntasan 87,5%, terjadi peningkatan tingkat ketuntasan murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Blanded Learning; Teknik Pengelasan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:23 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55918 |