Lumban Batu, Frida Yanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4182111018_Cover.pdf
Download (131kB)
4182111018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (952kB)
4182111018_Abstrak.pdf
Download (236kB)
4182111018_Kata_Pengantar.pdf
Download (596kB)
4182111018_Daftar_Isi.pdf
Download (446kB)
4182111018_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
4182111018_Daftar_Tabel.pdf
Download (211kB)
4182111018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (349kB)
4182111018_BAB_I.pdf
Download (944kB)
4182111018_BAB_V.pdf
Download (160kB)
4182111018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (372kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis
siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematis siswa di akhir setiap siklus dan lembar observasi terhadap kegiatan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Negeri
28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 berada pada kategori sedang atau memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,54. Secara klasikal, kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan yaitu menjadi sebanyak 26 siswa tuntas (86,67%), serta nilai
rata-rata siswa menjadi 82,92.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penalaran siswa; Kemampuan siswa; Model pemeblajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:29 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55915 |