PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN

Lumban Batu, Frida Yanti (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4182111018_Cover.pdf] Text
4182111018_Cover.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4182111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of 4182111018_Abstrak.pdf] Text
4182111018_Abstrak.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4182111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4182111018_Daftar_Isi.pdf] Text
4182111018_Daftar_Isi.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 4182111018_Daftar_Gambar.pdf] Text
4182111018_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4182111018_Daftar_Tabel.pdf] Text
4182111018_Daftar_Tabel.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4182111018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4182111018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4182111018_BAB_I.pdf] Text
4182111018_BAB_I.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of 4182111018_BAB_V.pdf] Text
4182111018_BAB_V.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4182111018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182111018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis
siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematis siswa di akhir setiap siklus dan lembar observasi terhadap kegiatan guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023; (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Negeri
28 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 berada pada kategori sedang atau memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,54. Secara klasikal, kemampuan penalaran matematis siswa mengalami peningkatan yaitu menjadi sebanyak 26 siswa tuntas (86,67%), serta nilai
rata-rata siswa menjadi 82,92.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penalaran siswa; Kemampuan siswa; Model pemeblajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:29
Last Modified: 30 Apr 2024 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55915

Actions (login required)

View Item
View Item