Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Elemen Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan

Hutapea, Andrian Ricy (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Elemen Teknik Pemesinan Bubut Kelas XI SMK N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193121004_Cover.pdf] Text
5193121004_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 5193121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 5193121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 5193121004_Abstrak.pdf] Text
5193121004_Abstrak.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 5193121004_Daftar_Isi.pdf] Text
5193121004_Daftar_Isi.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 5193121004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193121004_Daftar_Tabel.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 5193121004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193121004_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 5193121004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193121004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 5193121004_BAB_I.pdf] Text
5193121004_BAB_I.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 5193121004_BAB_V.pdf] Text
5193121004_BAB_V.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 5193121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas pembelajaran berbasis blended learning dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada elemen teknik pemesinan bubut di kelas XI SMK. Penelitian ini
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis blended learning pada elemen Teknik pemesinan bubut diperlukan
pengetahuan tentang pemahaman pemahaman penggunaan aplikasi Adobe flash CS6 dan model pengembangan yang pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Kelayakan media pembelajaran berbasis blended learning pada elemen teknik pemesinan bubut setelah melalui tahapan validasi oleh ahli materi dan ahli
media pada penelitian ini adalah 4,21 yang dimana termasuk dalam kategori sangat layak dan dari keefektifan yang diperoleh melalui N-Gain yaitu sebesar 0,785 dimana nilai ini termasuk dalam kategori tinggi sehingga berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajran interaktif berbasis blended learning pada elemen teknik pemesinan bubut kelas XI SMK N 1 telah memenuhi kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas XI TPM dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada elemen teknik pemesinan bubut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media interaktif; blended learning; Adobe flash CS6
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:15
Last Modified: 30 Apr 2024 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55911

Actions (login required)

View Item
View Item