PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS METACOGNITIVE STRATEGIES BAGI GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMKN 1 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN, KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Siregar, Masitowarni and Putra, Surya Kelana (2023) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS METACOGNITIVE STRATEGIES BAGI GURU MGMP BAHASA INGGRIS SMKN 1 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN, KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (539kB)

Abstract

Tujuan pelaksanaan program kemitraan masyarakat berupa pendampingan ini adalah untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Bahasa Inggris anggota MGMP SMKN 1 Percut
Sei Tuan dalam mengintegrasikn strategi metacognitive dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Persoalan pembelajaran adalah dari 14 Guru guru Bahasa Inggris yang tergabung dalam MGMP
Bidang Studi Bahasa Inggris Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Percut Se Tuan Kabupaten Deli
Serdang, setelah diwawancari belum satupun yang pernah memahami secara komprehnsif serta
mengintegrasikan Metacognitive Strategies dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sementara
Kurikulum 2013 edisi revisi menegaskan bahwa pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar
(KD) dalam Silabus. Kompetensi Inti nomor 3 dalam Silabus untuk kelas 10, kelas 11, dan kelas 12
SMK guru harus mampu merancang proses pembelajaran untuk memberikan pengalaman
menggunakan teks bahasa Inggris untuk memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif. Untuk itu, solusi untuk permasalahn yang ada adalah
memberikan pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Metacognitive strategies kepada
guru SMK1 Percut Sei Tuan Bahasa Inggris anggota MGMP Bahasa Inggris.Ssedangkan tujuan
jangka panjang kegiatan ini adalah memotivasi guru agar hasil pendampingan ini dapat
diaplikasikan oleh seluruh guru Bahasa Inggris anggota MGMP Bahasa Inggris SMKN 1 Percut Sei
Tuan dengan baik. Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
Universitas Negeri Medan yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2022 yang
bertempat SMAN 1 Percut Sei Tuan. Metode yang dilakukan dalam Pendampingan Pembelajaran
Bahasa Inggris berbasis Metacognitive Strategies adalah mencakup 4 tahap yaitu tahap persiapan,
tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan refleksi dan tindak lanjut. Pada tahap pelaksanaan, dibagi
menjadi 3 tahap, yaitu tahap sosialisasi konsep dasar Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis
Metacognitive Strategie, Tahap Pengembangan Bahan Ajar serta tahap pembimbingan atau
pendampingan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, Matacognitive Strategies
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:14
Last Modified: 30 Apr 2024 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55910

Actions (login required)

View Item
View Item