Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 7 Lhokseumawe

Sabila, Ahda (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Pada Kelas XI Teknik Pemesinan SMK Negeri 7 Lhokseumawe. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5191121004_Cover.pdf] Text
5191121004_Cover.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 5191121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5191121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 5191121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5191121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of 5191121004_Abstrak.pdf] Text
5191121004_Abstrak.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of 5191121004_Daftar_Isi.pdf] Text
5191121004_Daftar_Isi.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 5191121004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5191121004_Daftar_Tabel.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 5191121004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5191121004_Daftar_Gambar.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of 5191121004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5191121004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 5191121004_BAB_I.pdf] Text
5191121004_BAB_I.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of 5191121004_BAB_V.pdf] Text
5191121004_BAB_V.pdf

Download (724kB)
[thumbnail of 5191121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5191121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (590kB)

Abstract

Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tidak hanya memberikan penjelasan di depan
kelas, namun mampu mengajak siswa berpikir dan merespon pembelajaran yang dilaksanakan. Salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah adalah pencapaian hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua
siklus yang terdiri dari empat tahap setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Teknik Pemesinan Frais. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TP SMK Negeri 7 Lhokseumawe. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan siswa selama pembelajaran dan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa. Pada pra siklus memperoleh hasil belajar sebesar 72,04 dengan ketuntasan klasikal 43,48%, kemudian pada siklus I meningkat sebesar 78,56 dengan ketuntasan klasikal 65,22%, dan pada akhir siklus II meningkat lagi menjadi 86,61 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,96%. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan yaitu 80% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan KKM (75), maka penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning; Hasil Belajar; Teknik Pemesinan Frais
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:59
Last Modified: 30 Apr 2024 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55906

Actions (login required)

View Item
View Item