Situmorang, Frida M. (2023) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121036_Cover.pdf
Download (35kB)
4193121036_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (338kB)
4193121036_Abstrak.pdf
Download (376kB)
4193121036_Kata_Pengantar.pdf
Download (415kB)
4193121036_Daftar_Isi.pdf
Download (263kB)
4193121036_Daftar_Gambar.pdf
Download (232kB)
4193121036_Daftar_Tabel.pdf
Download (231kB)
4193121036_Daftar_Lampiran.pdf
Download (234kB)
4193121036_BAB_I.pdf
Download (511kB)
4193121036_BAB_V.pdf
Download (234kB)
4193121036_Daftar_Pustaka.pdf
Download (432kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
menggunakan e-modul berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian None-equivalent Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Sianjur Mula-Mula. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis saintifik dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan buku
paket pelajaran dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rata-rata nilai pre-test pada kelas eksperimen sebesar 34,19 sedangkan di kelas kontrol 33,53. Untuk rata-rata hasil nilai posttest pada kelas eksperimen 84,18 sedangkan kelas kontrol 73,98 dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel (4,44 > 1,671) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan e-modul
berbasis saintifik terhadap hasil belajar siswa dan hasil uji untuk melihat seberapa besar pengaruh dari variabel independent terhadap variabel dependent yaitu diperoleh hasil sebesar 1,00 dan berdasarkan kategori klasifikasi uji Effect size
menurut Cohen’s D, maka 1,00 > 0,8 dapat disimpulkan effect size dari pembelajaran e-modul berbasis saintifik masuk ke dalam kategori besar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Saintifik; Usaha dan energi; Instrumen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:18 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55905 |