SAGALA, RONNY KRISTIADI (2023) HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173131021_Cover.pdf
Download (359kB)
5173131021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5173131021_Kata_Pengantar.pdf
Download (429kB)
5173131021_Abstrak.pdf
Download (408kB)
5173131021_Daftar_Isi.pdf
Download (333kB)
5173131021_Daftar_Tabel.pdf
Download (278kB)
5173131021_Daftar_Gambar.pdf
Download (270kB)
5173131021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (273kB)
5173131021_BAB_I.pdf
Download (743kB)
5173131021_BAB_V.pdf
Download (647kB)
5173131021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (430kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana hubungan Self Management dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan, (2) Mengetahui bagaimana hubungan Minat Belajardengan dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan, (3) Mengetahui bagaimana hubungan antara Self Management dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Random Sampling. Teknik ini digunakan dengan harapan setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian korelasi. Pada penelitian ini menggunakan variabel bebas berupa Self Management dan Minat Belajar, dan variabel terikat berupa Hasil Belajar Instalasi Penerngan Listrik. Metode pengumpulan data menggunakan instrument non-tes berupa angket dan instrument tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis menggunakan rumus korelasi product moment,
korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Self Management dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan. Dibuktikan dengan harga Rhitung > Rtabel (0,400 > 0,278) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,04 < 0,05). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5 Medan. Dibuktikan dengan harga Rhitung > Rtabel (0,424 > 0,278) dengan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,002
< 0,05). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Self Management dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik siswa Kelas XI TITL SMK Negeri 5Medan. Dibuktikan dengan nilai Rhitung > Rtabel (0,496 > 0,278) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,01 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi Self Management dan Minat Belajarseseorang, maka semakin tinggi pula hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Management; Minat Belajar; Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:51 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55900 |