Simbolon, Josua (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project based learning pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Elemen Perangkat Lunak Dan Gambar Teknik Listrik kelas X TITL SMK N 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131022_Cover.pdf
Download (65kB)
5193131022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (589kB)
5193131022_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
5193131022_Abstrak.pdf
Download (160kB)
5193131022_Daftar_Isi.pdf
Download (250kB)
5193131022_Daftar_Tabel.pdf
Download (423kB)
5193131022_Daftar_Gambar.pdf
Download (307kB)
5193131022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (214kB)
5193131022_BAB_I.pdf
Download (391kB)
5193131022_BAB_V.pdf
Download (90kB)
5193131022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (273kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa kelas X SMK N 5 medan pada Elemen Perangkat Lunak dan Gambar Teknik Listrik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, 2) mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa kelas X SMK N 5 medan Pada Elemen Perangkat Lunak dan Gambar Teknik Listrik dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan 3) mengetahui Apakah hasil belajar siswa kelas X SMK N 5 Medan pada Elemen Perangkat Lunak dan Gambar Teknik Listrik menggunakan model project based learning lebih tinggi dibanding dengan hasil
belajar dengan menggunakan model jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel pada penelitian ini adalah siswa keals X TITL 2 dan X TITL 3 masing masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, lembar pengamatan afektif dan lembar penilian psikomotorik. Untuk menjawab hipotesis penelitian, penelitian menggunakan analisis data statistik menggunakan rumus uji T independen Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa pada elemen perangkat lunak gambar teknik listrik yang diajarkan dengan mengggunakan model pembelajaran project based learning yaitu, pre test kognitif rata-rata 53,67, post test rata-rata 82,11, aspek
afektif dengan rata-rata 80,8, dam aspek psikomotorik rata-rata 81,33. 2) hasil belajar siswa pada elemen perangkat lunak gambar teknik listrik yang diajarkan dengan mengggunakan model pembelajaran jigsaw yaitu pre test kognitif rata-rata 53,67, post test rata-rata 70,11, aspek afektif dengan rata-rata 75,33, dan aspek psikomotorik rata-rata 72,00. 3) Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang
diberikan model pembelajaran project based learning dapat dikatakan lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran jigsaw berdasarkan hasil peningkatan dan perbandingan rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Project Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:17 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55884 |