Girsang, Iswandi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar Program Keahlian Pada Elemen Alat Ukur Dan Alat Uji Kelistrikan Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) Di SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131020_Cover.pdf
Download (45kB)
5193131020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (431kB)
5193131020_Kata_Pengantar.pdf
Download (209kB)
5193131020_Abstrak.pdf
Download (268kB)
5193131020_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
5193131020_Daftar_Tabel.pdf
Download (240kB)
5193131020_Daftar_Gambar.pdf
Download (239kB)
5193131020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (240kB)
5193131020_BAB_I.pdf
Download (733kB)
5193131020_BAB_V.pdf
Download (138kB)
5193131020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (178kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Program elemen Alat Ukur dan Alat Uji Kelistrikan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share
lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model discovery learning, dimana diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,034 > 2,002. Dari perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Dasar Program Keahlian elemen Alat Ukur dan Alat Uji Kelistrikan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning
kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS); Model pembeajaran Discovery Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:12 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55881 |