Simatupang, Frandika Anugrah (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Dasar Ketenagalistrikan Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193131024_Cover.pdf
Download (50kB)
5193131024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (298kB)
5193131024_Kata_Pengantar.pdf
Download (321kB)
5193131024_Abstrak.pdf
Download (413kB)
5193131024_Daftar_Isi.pdf
Download (108kB)
5193131024_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
5193131024_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
5193131024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (203kB)
5193131024_BAB_I.pdf
Download (538kB)
5193131024_BAB_V.pdf
Download (204kB)
5193131024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dasar ketenagalistrikan khususnya pada materi teori dasar listrik dan bahan yang digunakan dalam ketenagalistrikan antara siswa yang diajarkan dengan
menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan
perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo yang mengikuti mata pelajaran Dasar Ketenagalistrikan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas dari populasi secara acak, yaitu kelas eksperimen kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction adalah kelas X -1 TITL yang berjumlah 32 siswa serta kelas X-2 TITL menjadi kelas kontrol kelas yang menerapkan model pembelajaran Ekspositori
yang berjumlah 33 siswa. Sebanyak subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 65 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar dasar ketenagalistrikan untuk kelas yang menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar dasar ketenagalistrikan untuk kelas yang menerapkan model pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 26,16 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 24,03. Menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen dasar
ketenagalistrikan dengan model pembelajaran Explicit Instruction diperoleh Lhitung sebesar 0,116 dan Ltabel sebesar 0,156 karena Lhitung<Ltabel atau 0,116 < 0,156 ,
maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument Dasar Ketenagalistrikan dengan model pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,023 Ltabel = 0,154 karena Lhitung<Ltabel atau 0,023 < 0,154, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Dasar Ketenagalistrikan dengan Fhitung sebesar 1,20 dan Ftabel 1,81 karena Fhitung<Ftabel atau 1,20<1,81 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf
signifikan 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Dasar Ketenagalistrikan Pada Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 1 Merdeka Kabupaten Karo. Hal ini terlihat dari nilai thitung =2,941 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,669
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Ekspositori; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 01:46 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 01:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55870 |