EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI FISIKA HUKUM GRAVITASI NEWTON KELAS X

Telaumbanua, Desy Rahmadan (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI FISIKA HUKUM GRAVITASI NEWTON KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321012_Cover.pdf] Text
4193321012_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193321012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 4193321012_Abstrak.pdf] Text
4193321012_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193321012_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321012_Kata_Pengantar.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4193321012_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321012_Daftar_Isi.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4193321012_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321012_Daftar_Tabel.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4193321012_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321012_Daftar_Gambar.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4193321012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 4193321012_BAB_I.pdf] Text
4193321012_BAB_I.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 4193321012_BAB_V.pdf] Text
4193321012_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4193321012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality (AR) pada materi Hukum Gravitasi Newton pada siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimen Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design melibatkan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan hasil pretest dan posttest, lembar angket aktivitas siswa, lembar angket keterlaksanaan pembelajaran dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality, aktivitas siswa diperoleh 81,50% berada pada kategori aktif, keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai rata-rata 94% berada pada kategori sangat terlaksana dan respon siswa dengan 79,11% berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan hasil belajar pada kelas yang diterapkan secara signifikan lebih dari KKM > 75, peningkatan hasil belajar siswa lebih besar dari 0,29, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal lebih besar dari 85%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Augmented Reality pada materi Hukum Gravitasi Newton efektif pada siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Discovery Learning; Augmented Reality; Hukum Gravitasi Newton
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 Apr 2024 10:48
Last Modified: 29 Apr 2024 10:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55851

Actions (login required)

View Item
View Item