PENDAMPINGAN GURU DALAM PENERAPAN METODE STIMULASI MUSIK BERBASIS BUDAYA DI TK SALSA DESA CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG

Virganta, Anada Leo and Kamtini and Lubis, May Sari and Novitri, Dwi Maya (2023) PENDAMPINGAN GURU DALAM PENERAPAN METODE STIMULASI MUSIK BERBASIS BUDAYA DI TK SALSA DESA CINTA RAKYAT KECAMATAN PERCUT SEI TUAN DELI SERDANG. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan, 13 September 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (537kB)

Abstract

Menciptakan pendidikan yang bermutu diperlukan guru yang memahami kebutuhan
anak usia dini untuk mencapai tingkat pencapaian perkembangan yang sesuai dengan
usianya. Disamping guru yang bermutu, diperlukan pula pembelajaran yang menarik
bagi anak karena sesuai dengan hakikat pembelajaran untuk anak usia dini yaitu
belajar melalui bermain. Beberapa kendala yang menjadi penyebab permasalahan di
TK Salsa adalah tidak semua guru memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang
sama tentang metode stimulasi melalui musik. Keterbatasan jumlah guru yang dapat
dikirim untuk mengikuti pelatihan di tingkat kabupaten menjadikan ketidakseimbangan
pengetahuan dan pemahaman guru-guru di TK Salsa Desa Cinta Rakyat Kecamatan
Percut Sei Tuan Deli Serdang terhadap Penerapan metode stimulasi musik serta
asesmen yang sesuai. Metode pemecahan permasalahan yang dilakukan yaitu kegiatan
Workshop melalui beberapa tahapan sebagai berikut (1) Tahap persiapan; (2)
Pelaksanaan pendampingan); (3)Simulasi Manfaat; dan 4) Evaluasi dan revisi. Hasil
dari pelaksanaan kegiatan yaitu guru-guru di TK Salsa dapat memahami terhadap
penerapam metode stimulasi musik serta memahami cara mengembangkan pola ritme,
pola gerakan, dan musik pengiring yang digunakan dalam kegiatan bermain ritme
musik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode Stimulasi, Kecerdasan Musikal, bermain Ritme Musik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2024 10:22
Last Modified: 29 Apr 2024 10:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55847

Actions (login required)

View Item
View Item