Damanik, Yohana Octaviani (2024) Perbedaan Hasil Belajar Elemen Konstruksi Utilitas Gedung Menggunakan Model Pembelajaran Teaching Factory Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Kelas XI DPIB di SMK N 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193111007_Cover.pdf
Download (53kB)
5193111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5193111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (160kB)
5193111007_Abstrak.pdf
Download (143kB)
5193111007_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
5193111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
5193111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (54kB)
5193111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (82kB)
5193111007_BAB_I.pdf
Download (369kB)
5193111007_BAB_V.pdf
Download (110kB)
5193111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (114kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar elemen konstruksi utilitas gedung menggunaan model pembelajaran Teaching Factory dan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI DPIB di SMK Negeri
2 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Medan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI DPIB 2 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang untuk model pembelajaran Teaching
Factory dan kelas XI DPIB 3 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang untuk model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Teaching Factory dan model pembelajaran Discovery Learning. Uji persyaratan normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji varians terbesar berbanding varians
terkecil. Teknik analisis data menggunakan Uji t satu pihak dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teaching Factory dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis statistik yang menunjukan thitung 10 > ttabel 1,671. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Teaching Factory lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model Discovery Learning. Dilihat dari rata-rata hasil belajar yang diajar dengan model Teaching Factory adalah 83,5 sedangkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning adalah 72,3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teaching Factory; Discovery Learning; Hasil Belajar; Konstruksi Utilitas Gedung |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:54 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55835 |