Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar-Dasar DPIB Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Telaumbanua, Wahyu Kurniawan (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar-Dasar DPIB Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192111002_Cover.pdf] Text
5192111002_Cover.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5192111002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192111002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 5192111002_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192111002_Kata_Pengantar.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 5192111002_Abstrak.pdf] Text
5192111002_Abstrak.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 5192111002_Daftar_Isi.pdf] Text
5192111002_Daftar_Isi.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 5192111002_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192111002_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5192111002_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192111002_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5192111002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192111002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 5192111002_BAB_I.pdf] Text
5192111002_BAB_I.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 5192111002_BAB_V.pdf] Text
5192111002_BAB_V.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5192111002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192111002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar-Dasar DPIB Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan nilai ulangan harian Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X Desain
Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih banyak yang nilainya tidak mencapai KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional dengan metode Peer Lesson. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 21 butir yang sudah diuji validitas tes dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar Dasar-Dasar DPIB yang diajarkan dengan metode pembelajaran Peer Lesson lebih tinggi daripada hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensioanal. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil beajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Peer Lesson 82,67% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Konvensional 69,63%. Pengaruh hasil belajar metode pembelajaran Peer Lesson dibuktikan dengan analisis statistic uji tsatu pihak yang menunjukan thitung 4,702 > ttabel 1,671. Pada metode pembelajaran Peer Lesson siswa lebih senang belajar karena dengan metode tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar
siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran Konvensional menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peer Lesson; Konvensional; Dasar-Dasar DPIB; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 09:12
Last Modified: 29 Apr 2024 09:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55833

Actions (login required)

View Item
View Item