Telaumbanua, Wahyu Kurniawan (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar-Dasar DPIB Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192111002_Cover.pdf
Download (64kB)
5192111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (351kB)
5192111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (424kB)
5192111002_Abstrak.pdf
Download (242kB)
5192111002_Daftar_Isi.pdf
Download (250kB)
5192111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
5192111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (210kB)
5192111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (239kB)
5192111002_BAB_I.pdf
Download (656kB)
5192111002_BAB_V.pdf
Download (272kB)
5192111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (248kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Siswa Dasar-Dasar DPIB Kelas X Bidang Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan nilai ulangan harian Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X Desain
Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih banyak yang nilainya tidak mencapai KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini
merupakan penelitian quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional dengan metode Peer Lesson. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 21 butir yang sudah diuji validitas tes dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar Dasar-Dasar DPIB yang diajarkan dengan metode pembelajaran Peer Lesson lebih tinggi daripada hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Konvensioanal. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil beajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Peer Lesson 82,67% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Konvensional 69,63%. Pengaruh hasil belajar metode pembelajaran Peer Lesson dibuktikan dengan analisis statistic uji tsatu pihak yang menunjukan thitung 4,702 > ttabel 1,671. Pada metode pembelajaran Peer Lesson siswa lebih senang belajar karena dengan metode tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar
siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran Konvensional menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Peer Lesson; Konvensional; Dasar-Dasar DPIB; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 09:12 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55833 |