Hutabarat, Jimmy Roger Tulus (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE PADA EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA SWASTA METHODIST 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2153142014 COVER.pdf
Download (134kB)
2. NIM 2153142014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (575kB)
3. NIM 2153142014 ABSTRACT.pdf
Download (116kB)
4. NIM 2153142014 PREFACE.pdf
Download (213kB)
5. NIM 2153142014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (251kB)
6. NIM 2153142014 LIST OF PICTURE.pdf
Download (114kB)
7. NIM 2153142014 LIST OF TABLE.pdf
Download (113kB)
8. NIM 2153142014 CHAPTER I.pdf
Download (518kB)
12. NIM 2153142014 CHAPTER V.pdf
Download (138kB)
13. NIM 2153142014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (370kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui proses pengimplementasian media YouTube pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Swasta Methodist 7 Medan. 2) Untuk mengetahui media yang digunakan untuk mendukung pengimplementasian media YouTube pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Swasta Methodist 7 Medan. 3) Untuk mengetahui hasil dari pengimplementasian media YouTube pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Swasta Methodist 7 Medan. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori implementasi, media, media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, YouTube, ekstrakurikuler, teori musik, paduan suara, jenis dan komposisi paduan suara, dan bernyanyi dalam paduan suara. Populasi penelitian yaitu seluruh anggota ekstrakurikuler paduan suara SMA Methodist 7 Medan yang berjumlah 38 orang. Sampel penelitian ini diambil yaitu 2 orang sopran, 2 orang alto, 2 orang tenor, dan 2 orang bass yang seluruhnya berjumlah 8 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) latihan paduan sara dilaksanakan dengan mengimplementasikan YouTube dalam proses latihan. Pengimplementasian YouTube dilakukankan sesuai bimbingan Ibu Ibu Lindawaty Panggabean, S.Sn sebagai pelatih pdauan suara 2) media yang digunakan oleh pelatih paduan suara SMA Methodist 7 medan dalam pembelajaran seni budaya yaitu sarana berupa : ponsel, laptop, speaker. 3) Hasil latihan anggota paduan suara SMA Methodist 7 yang menunjukkan bahwa latihan dengan menggunakan YouTube lebih cepat dan lebih maksimal mempelajari lagu daripada yang tidak menggunakan media YouTube. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi media YouTube dapat meningkatkan hasil latihan di paduan suara SMA Methodist 7 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; YouTube; paduan suara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 09:03 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 09:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55830 |