Nadeak, Roycan (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Elemen Gambar Teknik Kelas X SMK N 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191111005_Cover.pdf
Download (72kB)
5191111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (277kB)
5191111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (177kB)
5191111005_Abstrak.pdf
Download (88kB)
5191111005_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
5191111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
5191111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
5191111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (85kB)
5191111005_BAB_I.pdf
Download (495kB)
5191111005_BAB_V.pdf
Download (115kB)
5191111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (146kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar DPIB Elemen Gambar Teknik dengan menggunakan dua model pembelajaran yaitu model pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan model pembelajaran konvensional serta melihat pengaruh perbedaan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar Dasar-Dasar DPIB Elemen Gambar Teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Medan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X DPIB 1 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang untuk model pembelajaran SAVI dan kelas X DPIB 2 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang untuk model pembelajaran konvensional. Angket motivasi belajar diberikan untuk mengelompokkan siswa
atas motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji persyaratan normalitas menggunakan Uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji varians terbesar berbanding varians terkecil dan untuk gabungan keempat kelompok berasal dari populasi dengan varians yang homogen. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji
Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran SAVI lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung 11,135 > Ftabel 3,981. Hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan Fhitung 7,447 > Ftabel 3,981. Tidak terdapat interaksi
antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar dengan Fhitung 2,867 < Ftabel 3,981.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 09:02 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55829 |