Penerapan Metode Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Menggunakan Media Croossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Dasar - Dasar DPIB Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam

Prayudha, Dede (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Menggunakan Media Croossword Puzzle Pada Mata Pelajaran Dasar - Dasar DPIB Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5191111004_Cover.pdf] Text
5191111004_Cover.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 5191111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5191111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 5191111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
5191111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 5191111004_Abstrak.pdf] Text
5191111004_Abstrak.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 5191111004_Daftar_Isi.pdf] Text
5191111004_Daftar_Isi.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 5191111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
5191111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5191111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
5191111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5191111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5191111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 5191111004_BAB_I.pdf] Text
5191111004_BAB_I.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of 5191111004_BAB_V.pdf] Text
5191111004_BAB_V.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5191111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5191111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa Dasar-dasar DPIB kelas X DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun ajaran 2023/2024 belum sesuai dengan harapan sebab masih adanya siswa yang belum dapat mencapai nilai standar kelulusan yang ditetapkan sekolah yaitu 75, maka perlu adanya inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas, sehingga kecenderungan siswa untuk diam dan pasif akan berubah menjadi aktif dan siswa akan terangsang untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau Classroom Action Research menggunakan empat komponen penelitian tindakan, yaitu Perencanaan (plan), Tindakan (act), Observasi (observe), Refleksi (reflect). Pada penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil-hasil belajar dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 yang dengan nilai rata-rata 71,10 sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 terdapat peningkatan yang signifikan yaitu diperoleh dengan nilai rata-rata 82,87 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus
ke II. Dari hasil belajar siswa pada siklus I yang lulus dengan nilai rata-rata 73,53 sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yang signifikan yaitu diperoleh dengan nilai rata-rata 85,15 maka dapat dilihat bahwa peningkatan yang terjadi antara siklus I dan siklus ke II dilakukan perhitungan uji t maka diperoleh persentase peningkatan 15,7%. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran Game Based Learning menggunakan media Croosword Puzzle dapat
meningkatkan hasil dan aktivitas belajar mata pelajaran dasar-dasar DPIB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Game Based Learning (GBL); Croosword Puzzle; Hasil dan Aktivitas Belajar; Dasar-dasar DPIB; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:29
Last Modified: 29 Apr 2024 07:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55806

Actions (login required)

View Item
View Item