Fadilah, Ainun (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dengan Media Wondershare Quiz Creator Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar DPIB Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191111002_Cover.pdf
Download (220kB)
5191111002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (483kB)
5191111002_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
5191111002_Abstrak.pdf
Download (301kB)
5191111002_Daftar_Isi.pdf
Download (297kB)
5191111002_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
5191111002_Daftar_Gambar.pdf
Download (269kB)
5191111002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (294kB)
5191111002_BAB_I.pdf
Download (496kB)
5191111002_BAB_V.pdf
Download (578kB)
5191111002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (270kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-Dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada Elemen 4 yaitu Teknik Dasar Pada Pekerjaan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan kelas X DPIB dengan menggunakan model pembelajarajan kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media Wondershare Quiz Creator. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 30 soal pada setiap siklusnya. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu memperoleh nilai ≥75. Pada ujicoba tes hasil belajar siklus I diperoleh 20 soal valid dari 30 soal, dari data yang valid diuji tingkat kesukaran didapat 17 soal
“sedang” 13 soal “mudah”, dari uji daya beda 11 soal “jelek”, 17 soal “cukup” dan 2 soal “baik”, dari reliabilitas diperoleh 0,760 tergolong “tinggi”. Sedangkan
pada siklus II, diperoleh 21 soal valid dari 30 soal, uji tingkat kesukaran diperoleh 26 soal “sedang”. 4 soal “mudah”, dari uji daya beda terdapat 6 soal “jelek”, 17
soal “cukup “dan 7 soal “baik”, reliabilitas diperoleh 0,806 tergolong “sangat tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat pada siklus I diperoleh rata-rata 79,38 dengan tingkat kelulusan 87% sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 90,18 dengan persentase kelulusan 100%, demikian hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dan siklus II mengalami
peningkatan sebesar 13%. Pada Uji-t yang telah dilakukan pada hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II diperoleh Thitung > Ttabel (8,4 > 1,66980) pada taraf
signifikan α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan media
wondershare quiz creator dapat meningkatkan hasil belajar dasar-dasar DPIB siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelejaran Team Games Tournament (TGT); Media Wondershare Quiz Creator; Hasil Belajar; Dasar-Dasar DPIB |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:20 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55802 |