Pengembangan Media E-Modul Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Menjahit Kelas X di SMK Gelora Jaya Nusantara

Puspita, Wanda (2024) Pengembangan Media E-Modul Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Menjahit Kelas X di SMK Gelora Jaya Nusantara. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5181143006_Cover.pdf] Text
5181143006_Cover.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 5181143006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5181143006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5181143006_Kata_Pengantar.pdf] Text
5181143006_Kata_Pengantar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 5181143006_Abstrak.pdf] Text
5181143006_Abstrak.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 5181143006_Daftar_Isi.pdf] Text
5181143006_Daftar_Isi.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of 5181143006_Daftar_Tabel.pdf] Text
5181143006_Daftar_Tabel.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 5181143006_Daftar_Gambar.pdf] Text
5181143006_Daftar_Gambar.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 5181143006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5181143006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 5181143006_BAB_I.pdf] Text
5181143006_BAB_I.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of 5181143006_BAB_V.pdf] Text
5181143006_BAB_V.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 5181143006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5181143006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (390kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan pada penelitian ini di SMK Gelora Jaya Nusantara, diketahui pada mata pelajaran Teknik Dasar Menjahit siswa masih kurang memahami materi dalam penyelesaian tepi busana, siswa tidak dapat membedakan antara rompok, depun dan serip dengan benar, siswa juga tidak dapat menjahit rompok, depun dan serip dengan ukuran yang telah ditentukan dan juga siswa tidak dapat menggunting kain serong dengan baik dan benar. Masalah lainnya ditemukan guru tidak dapat mengembangkan media pembelajaran dikarenakan masalah waktu, tenaga dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media e
modul pada mata pelajaran Teknik Dasar Menjahit kelas X di SMK Gelora Jaya Nusantara dan mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran Teknik Dasar Menajahit kelas X di SMK Gelora Jaya Nusantara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap sebagai berikut: 1) tahap analysis (analisis), 2) tahap design (desain), 3) tahap development (pengembangan), 4) tahap implementation (implementasi) dan 5) tahap evaluation (evaluasi). Teknik analisa data pada penelitian ini berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan siswa sebagai uji coba. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 ahli materi, 2 ahli media yang sudah ahli dalam bidangnya dan 31 siswa kelas X di SMK Gelora Jaya Nusantara. Hasil dari penelitian ini adalah produk media e-modul pada mata pelajaran Teknik Dasar Menjahit terhadap materi penyelesain tepi busana dengan hasil uji validitas ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 92,15% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji validitas ahli media mendapatkan persentase rata-rata 92% dengan kategori “sangat
baik”. Pada hasil uji kelayakan perorangan mendapatkan persentase rata-rata 86,7% dengan katageori “sangat baik”, uji kelayakan kelompok kecil mendapatkan persentase
rata-rata 90% dengan kategori “sangat baik” dan uji kelayakan lapangan mendapatkan persentase rata-rata 95,8% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil nilai rata
rata kelayakan media pembelajaran e-modul pada mata pelajaran Teknik Dasar Menjahit dapat dikategorikan “sangat layak” sehingga layak untuk digunakan pada kelas x di SMK
Gelora Jaya Nusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; e-modul Teknik Dasar Menjahit; materi penyelesaian tepi busana
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:53
Last Modified: 29 Apr 2024 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55801

Actions (login required)

View Item
View Item