EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SIDIKALANG

Galingging, Firda Indrian (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SIDIKALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193141039_Cover.pdf] Text
4193141039_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4193141039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4193141039_Abstrak.pdf] Text
4193141039_Abstrak.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4193141039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141039_Kata_Pengantar.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 4193141039_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141039_Daftar_Isi.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4193141039_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141039_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4193141039_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141039_Daftar_Tabel.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4193141039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4193141039_BAB_I.pdf] Text
4193141039_BAB_I.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 4193141039_BAB_V.pdf] Text
4193141039_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4193141039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning, pada materi sistem koordinasi manusia dalam sub
materi sistem saraf manusia, kelas XI SMAN 1 Sidikalang Tahun pelajaran
2022/2023. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental designs dengan model
penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah 35 orang siswa/i
kelas XI MIA 3 di SMA Negeri 1 Sidikalang adapun sample diambil dengan
random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal yang sudah
valid dan bersifat reliabel. Hasil yang didapatkan,thitung = 15,48 dan ttabel = 2,03.
Karena thitung > ttabel yakni 15,48 > 2,03, maka disimpulkan bahwa bahwa model
pembelajaran problem based learning efektif digunakan pada pembelajaran
biologi khususnya materi sistem koordinasi manusia dengan kriteria efektivitas
yang diperoleh pada penelitian adalah tinggi, karena jumlah siswa yang mencapai
skor ≥ 80 dalam skala 100 (80-100) sebanyak 26 orang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran; saraf manusia; Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:06
Last Modified: 29 Apr 2024 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55800

Actions (login required)

View Item
View Item