Rupidah, - (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sederhana KASAPA (Kaleng Satuan Panjang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Pada Materi Satuan Panjang Di Kelas IV SD Negeri 104209 Saentis T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111020_COVER.pdf
Download (54kB)
2. NIM. 1181111020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (329kB)
3. NIM. 1181111020_ABSTRAK.pdf
Download (326kB)
4. NIM. 1181111020_KATA PENGANTAR.pdf
Download (275kB)
5. NIM. 1181111020_DAFTAR ISI.pdf
Download (146kB)
6. NIM. 1181111020_DAFTAR TABEL.pdf
Download (115kB)
7. NIM. 1181111020_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 1181111020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 1181111020_BAB I.pdf
Download (466kB)
13. NIM. 1181111020_BAB V.pdf
Download (142kB)
14. NIM. 1181111020_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (307kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh dari Media Sederhana KASAPA (Kaleng Satuan Panjang) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Pada Materi Satuan Panjang Di Kelas IV SD Negeri 104209
Saentis. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperiment. Sampel penelitian kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Uji-t) dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 22. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil
belajar siswa yang menggunakan media sederhana KASAPA lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. hasil posttest siswa pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 81,30, sedangkan hasil posttest
siswa di kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 72,12. perbandingan perolehan nilai rata-rata siswa terlihat signifikan berbeda (81,30 > 72,12). hasil uji hipotesis (Ujit) nilai lebih besar dari yaitu: 3,236> 2,021 pada taraf signifikansi α = 0,05. dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat Pengaruh Penggunaan Media Sederhana KASAPA (Kaleng Satuan Panjang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Pada Materi Satuan Panjang di
Kelas IV SD Negeri 104209 Saentis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Sederhana KASAPA (Kaleng Satuan Panjang); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:48 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55795 |