Sianipar, May Lanny Bonita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Perawatan Rambut Tata Kecantikan PAB 12 Saentis Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173344022_Cover.pdf
Download (343kB)
5173344022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
5173344022_Kata_Pengantar.pdf
Download (683kB)
5173344022_Abstrak.pdf
Download (682kB)
5173344022_Daftar_Isi.pdf
Download (587kB)
5173344022_Daftar_Tabel.pdf
Download (560kB)
5173344022_Daftar_Gambar.pdf
Download (489kB)
5173344022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (953kB)
5173344022_BAB_I.pdf
Download (953kB)
5173344022_BAB_V.pdf
Download (654kB)
5173344022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (517kB)
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan
mendorong upaya-upaya pembaruan dalam dunia pendidikan. Pendidikan menjadi hal yang sangat penting, sifatnya mutlak baik dalam kehidupan seseorang, adapun tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui
pengembangan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Tata kecantikan Kulit dan Rambut siswa kelas X Tata Kecantikan SMK PAB 12 Saentis Medan; 2)Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran Tata kecantikan Kulit dan Rambut siswa kelas X Tata Kecantikan SMK PAB 12 Saentis Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 12 Saentis Medan, yang beralamat di Jl. Kali Serayu Desa Saentis, kec. Percut sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Pengembangan media video tutorial perawatan rambut ini menggunakan metode penelitian pengembangan perangkat 4-D (Four D), pengembangan model
4-D terdiri atas 4 tahapan yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X tata kecantikan yang berjumlah 42 orang di SMK PAB 12 Saentis Medan, dengan pembagian 6 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil, 12 orang siswa untuk uji coba kelompok sedang dan 24 orang siswa untuk uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan media video tutorial ini adalah; 1) Produk media pembelajaran video tutorial perawatan rambut berkutu yang dihasilkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan layak digunakan pada
proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi dengan persentase skor rata-rata yaitu 96,6% dan persentase skor ahli media yaitu 86,2%. Nilai tersebut termasuk kategori valid dengan kriteria “Baik”. 2) Kelayakan media pembelajaran video tutorial pada materi perawatan rambut berkutu termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji
kelayakan kelompok kecil, kelompok sedang dan uji coba lapangan yang dilakukan pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK PAB 12 Saentis Medan, dimana persentase skor rata-rata kelompok kecil yaitu 86% dengan kriteria “Baik”, persentase skor rata-rata kelompok sedang yaitu 89% dengan kriteria
“Baik” dan persentase skor rata-rata uji coba lapangan yaitu 92% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Video Tutorial; Perawatan Rambut Berkutu |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:23 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55791 |