Bangun, Grace Etha Channany Br. (2024) engaruh Media Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Perawatan Tangan dan Kaki Pada Siswa Kelas XI di SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183344001_Cover.pdf
Download (218kB)
5183344001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (690kB)
5183344001_Kata_Pengantar.pdf
Download (315kB)
5183344001_Abstrak.pdf
Download (319kB)
5183344001_Daftar_Isi.pdf
Download (439kB)
5183344001_Daftar_Tabel.pdf
Download (306kB)
5183344001_Daftar_Gambar.pdf
Download (354kB)
5183344001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (302kB)
5183344001_BAB_I.pdf
Download (474kB)
5183344001_BAB_V.pdf
Download (353kB)
5183344001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (360kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar perawatan tangan dan kaki siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran video tutorial. 2) Hasil belajar perawatan tangan dan kaki siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. 3) Pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar perawatan tangan dan kaki siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut SMK Pariwisata Imelda Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI Kc 1 sebagai kelompok eksperimen (menggunakan media video tutorial) dan XI Kc 2 sebagai kelompok kontrol
(menggunakan media ppt) yang berjumlah 60 orang siswa yang diambil dengan menggunakan sampel total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Video
Tutorial Terhadap Hasil Belajar Perawatan Tangan dan Kaki Pada Siswa Kelas XI di SMK Pariwisata Imelda Medan dari segi hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol.Hal ini dibuktikan dengan hasik Uji t yaitu: Dari hasil perhitungan diperoleh harga t hitung = 15,41. Pada taraf signifikan (α = 0,05) dan dk = n1 + n2 – 2 = 58, dengan demikian jika dibandingkan
dengan ttabel ternyata thitung > ttabel yaitu (15,41>1,67). Maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat dismpilkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar perawatan tangan dan kaki pada siswa jurusan tata kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Video Tutorial; Perawatan Tangan dan Kaki |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55778 |