Tampubolon, Andrietta Angel (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Pada Materi Tata Rias Wajah Sehari-hari Kelas X SMK Swasta Gelora Jaya Nusantara Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193144007_Cover.pdf
Download (60kB)
5193144007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (632kB)
5193144007_Kata_Pengantar.pdf
Download (117kB)
5193144007_Abstrak.pdf
Download (65kB)
5193144007_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
5193144007_Daftar_Tabel.pdf
Download (102kB)
5193144007_Daftar_Gambar.pdf
Download (132kB)
5193144007_BAB_I.pdf
Download (434kB)
5193144007_BAB_V.pdf
Download (126kB)
5193144007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (278kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengetahui pengembangan e-modul berbasis flipbook pada materi tata rias wajah sehari-hari kelas X SMK Swasta Gelora Jaya Nusantara Medan. 2) mengetahui kelayakan e-modul berbasis flipbook
pada materi tata rias wajah sehari-hari kelas X SMK Swasta Gelora Jaya Nusantara Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Swasta Gelora Jaya Nusantara Medan yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli
media Ahli materi dilaksanakan oleh orang yang berkompeten dibidang tata rias wajah sehari-hari yang terdiri atas satu guru bidang studi pada mata pelajaran dasarkecantikan serta dua dosen program studi tata rias Universitas Negeri Medan.
Sedangkan ahli media dilaksanakan oleh tiga orang dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Kelayakan media diperoleh dari uji coba produk pada uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 10 orang siswa, dan uji coba kelompok besar berjumlah 18 orang siswa. Berdasarkan data yang diperoleh selama dilakukannya penelitian diperoleh hasil dengan sebagai berikut: 1) Pengembangan e-modul berbasis flipbook mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan hasil persentase rata-rata dari ahli materi sebesar "81,66%" dengan kriteria "Baik", dan dari ahli media mendapatkan
hasil persentase sebesar "94,44%" dengan kriteria "Sangat Baik". 2) Pada uji kelayakan dilakukan uji coba produk kepada siswa dengan hasil persentase skor dalam uji coba kelompok kecil sebesar "80,90%" dengan kriteria "Baik", dan hasil persentase skor pada uji coba kelompok sedang sebesar "83,54%" dengan kriteria "Sangat Baik", dan hasil persentase skor pada uji skala kelompok besar yaitu "95,90%" dengan kriteria "Sangat Baik". Dapat disimpulkan bahwa e-modul
berbasis flipbook pada materi tata rias wajah sehari-hari dinyatakan layak untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-Modul; Flipbook; Tata Rias Wajah Sehari-Hari |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:54 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55768 |